Tanaman Herbal Peluruh Dahak dan Anti Radang | Blog Ayah Azzam Blog Ayah Azzam
Home » » Tanaman Herbal Peluruh Dahak dan Anti Radang

Tanaman Herbal Peluruh Dahak dan Anti Radang

Tumbuhan ini hampir dikenal di seluruh pelosok Tanah Air. Tentu dengan nama yang berbeda-beda. Di Sumatera, misalnya, dikenal dengan nama das pedas (Aceh), adas pedas (Melayu), dan adeh manih (Minangkabau). Di Jawa disebut hades (Sunda), adas londo, adas landi (Jawa), dan adhas (Madura). Di Sulawesi dinamakan paapang, paampas (Manado), denggu-denggu (Gorontalo), papaato (Buol), adasa, rempasu (Makassar), adase (Bugis), dan kumpasi (Sangir Talaut). Di Nusa Tenggara disebut adas (Bali), dan wala wunga (Sumba).
Adas (Foeniculum vulgare Mill) merupakan terna atau perdu yang tingginya antara 30 cm sampai 3 m. Batangnya tumbuh tegak, beralur, jika memar baunya sangat wangi harum. Daun berbagi menyirip, berseludang dengan warna putih. Seludang ini berselaput bagian atasnya berbentuk topi. Perbungaan berbentuk payung dengan 6 sampai 40 gagang bunga. Mahkota bunga berwarna kuning, tidak terdapat daun pembalut. Buah berusuk-rusuk sangat nyata. Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat adalah buah masak yang telah dikeringkan. Pengeringan dilakukan dengan alas yang berlubang-lubang, misalnya tampi atau tikar dan dilakukan di bawah sinar matahari.
Buah adas tersebut mengandung minyak atsiri yang terutama berisi anetol, estragol, fenkon, a-pinena, limonena, b-pinena, b-mirsena dan p-simena. Menurut bagian R&D PT SidoMuncul, minyak atsiri berkhasiat sebagai peluruh dahak (ekspektoran) dan antiperadangan (antiinflamasi), sehingga dapat digunakan untuk mengobati peradangan saluran pernafasan atas, misalnya hidung dan atau tenggorokan pada orang dewasa maupun anak-anak.
Caranya dengan minum ramuan madu adas atau sirup adas. Di samping itu, bersifat sebagai peluruh kentut dan pereda kejang, sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan, perut kembung dan mulas misalnya sebagai akibat masuk angin, lebih-lebih untuk anak-anak. Masyarakat Indonesia sering pula menggunakan adas (buah adas) bersama-sama dikombinasi dengan pulasari (Alyxia sp) untuk mengobati sariawan.
tanaman adas
Karena bersifat sebagai peluruh dahak (ekspektoran), maka buah adas atau minyak atsirinya dapat digunakan sebagai penyusun ramuan untuk mengobati batuk yang berdahak, khususnya untuk anak-anak.


pemutih wajah alami
moreskin kosmetik alami dari NASA

0 comments:

jual Erhsali Peeling Spray Manfaat
Jual Sabun Erhsali Manfaat
Daftar Reseller gratis tanpa stok barang

Baca Lainnya

Herbal Diabetes
Herbagyn NASA
Herbagyn NASA
.comment-content a {display: none;}