Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol. Secara garis besar tipe data dapat dikategori kan menjadi :
Type data sederhana
Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter
Type data sederhana majemuk, misalnya String
Struktur Data meliputi :
Struktur data sederhana, misalnya array dan record
Type data sederhana
Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter
Type data sederhana majemuk, misalnya String
Struktur Data meliputi :
Struktur data sederhana, misalnya array dan record
Struktur data majemuk, yang terdiri dari
Linier : Stack, Queue, serta List dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang ″standar″ yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah :
List linier (Linked List) dan variasinya Multilist
Stack (Tumpukan)
Queue (Antrian)
Tree ( Pohon )
Graph ( Graf )
RECORD ( REKAMAN )
Linier : Stack, Queue, serta List dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang ″standar″ yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah :
List linier (Linked List) dan variasinya Multilist
Stack (Tumpukan)
Queue (Antrian)
Tree ( Pohon )
Graph ( Graf )
RECORD ( REKAMAN )
Disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama rekaman ditentukan oleh pemrogram.
Rekaman disebut juga tipe terstruktur
Contoh :
type Titik : record <x : real, y : real>
jika P dideklarasikan sebagai Titik maka mengacu field pada P adalah P.x dan P.y.
Didefinisikan tipe terstruktur yang mewakili Jam yang terdiri atas jam (hh), menit (mm) dan detik (ss), maka cara menulis type Jam adalah :
type JAM : record <hh : integer, {0…23}
mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}>
Jika J adalah peubah (variabel) bertipe Jam maka cara mengacu tiap field adalah J.hh, J.mm dan J.ss
Terjemahan dalam bahasa C :
Rekaman disebut juga tipe terstruktur
Contoh :
type Titik : record <x : real, y : real>
jika P dideklarasikan sebagai Titik maka mengacu field pada P adalah P.x dan P.y.
Didefinisikan tipe terstruktur yang mewakili Jam yang terdiri atas jam (hh), menit (mm) dan detik (ss), maka cara menulis type Jam adalah :
type JAM : record <hh : integer, {0…23}
mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}>
Jika J adalah peubah (variabel) bertipe Jam maka cara mengacu tiap field adalah J.hh, J.mm dan J.ss
type Titik : record <x : real, y : real> diterjemahkan menjadi :
typedef struct { float x;
float y;
} Titik;
type JAM : record
<hh : integer, {0…23}
mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}
>
Diterjemahkan menjadi :
typedef struct
{ int hh; /*0…23*/
int mm; /*0…59*/
int ss; /*0…59*/
} Jam;
typedef struct { float x;
float y;
} Titik;
type JAM : record
<hh : integer, {0…23}
mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}
>
Diterjemahkan menjadi :
typedef struct
{ int hh; /*0…23*/
int mm; /*0…59*/
int ss; /*0…59*/
} Jam;
0 comments:
Posting Komentar