Pengertian Koperasi dan Tujuannya | Blog Ayah Azzam Blog Ayah Azzam
Home » » Pengertian Koperasi dan Tujuannya

Pengertian Koperasi dan Tujuannya

Di tengah-tengah masyarakat berkembang sebuah badan usaha yang berbasis kerakyatan. Tahukah kamu, apa nama badan usaha tersebut ? Badan usaha ini mulai dikembangkan di Inggris yang bertujuan memajukan kesejahteraan masyarakat dan anggotanya. Apabila kamu menebak koperasi jawabannya adalah benar. Koperasi adalah sebuah badan usaha yang sesuai dengan corak dan jiwa UUD 1945. Koperasi berasal dari kata co-opera-tion. Co-operation berasal dari dua suku kata, yaitu co dan operation. Co memiliki arti bersama-sama dan operation artinya bekerja. Dari asal katanya koperasi dapat di airtikan sebagai usaha bersama dari sekumpulan orang yang mempunyai kesamaan kepentingan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Bagi negara kita tercinta Indonesia koperasi dijadikan sebagai saka guru perekonomian negara. Pertanyaannya mengapa tidak badan usaha lainnya?
Salah satu alasannya adalah koperasi didirikan sebagai usaha bersama untuk memajukan kesejahteraan anggotanya. Dengan asa kekeluargaan yang diusungnya koperasi merupakan badan usaha yang paling merakyat. Bahkan, saat ini koperasi diidentikkan dengan sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Apa sebenarnya yang dimaksud dengan koperasi itu? Apakah sebuah badan usaha yang hanya mencari keuntungan? Sebagaimana diungkapkan salah seorang tokoh proklamator negara kita Drs. Mohammad Hatta, koperasi merupakan usaha bersama yang kegiatan usahanya dibidang ekonomi yang beranggotakan masyarakat ekonomi lemah dan cara bergabungnya secara sukarela dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan anggotanya.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tentang Perkoperasian koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Itulah pengertian tentang koperasi. Apakah kamu kesulitan untuk memahaminya? Pastinya tidak. Dari pengertian koperasi tersebut dapat disimpulkan ciri-ciri koperasi sebagai berikut.
Koperasi merupakan kumpulan orang bukan modal. Dalam koperasi anggota tidak hanya menyetorkan modalnya tetapi juga ikut berpartisipasi mengelola kegiatan usahanya. Setoran modal ke koperasi diharapkan tidak mengurangi pengertian koperasi sebagai kumpulan anggota dalam menjalankan usaha bersama-sama. Artinya, kegiatan usaha koperasi juga memiliki misi sosial karena kegiatannya ditujukkan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.
Anggota koperasi memiliki identitas ganda. Artinya anggota koperasi bertindak sebagai pengurus sekaligus pengguna jasa koperasi. Hal ini menunjukkan bahwa anggota berhak untuk dipilih menjadi pengurus koperasi. Pada sisi lain, sebagai manusia dengan beragam kebutuhan, anggota diperkenankan menggunakan jasa koperasi.
Tujuan koperasi yaitu memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
Sukarela merupakan sifat keanggotaan koperasi. Untuk menjadi anggota koperasi tidak memerlukan persyaratan khusus. Pengurus koperasi tidak diperkenankan untuk membeda-bedakan masyarakat yang ingin menjadi anggota baru. Setiap warga negara bebas menjadi anggota koperasi tanpa membedakan agama, suku, dan ras. Kamu pun dapat menjadi anggota koperasi. Sebagai sebuah unit usaha bersama, koperasi memiliki dua aspek yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
Aspek ini yang menunjukkan napas koperasi sebagai badan usaha. Aspek-aspek tersebut dapat diuraikan sebagai berikut
Aspek sosial, Aspek ini tercermin dalam asas kekeluargaan dan kegotongroyongan. Berdasarkan aspek sosial, koperasi memiliki tujuan untuk memupuk kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Kepribadian yang mencerminkan bangsa kita antara lain rasa persaudaraan, hubungan kerja sama, dan mengembangkan kepribadian.
Aspek ekonomi, Aspek ini tercermin dalam kegiatan usahanya. Seperti diuraikan di depan, kegiatan koperasi ditujukan untuk meningkatkan kemakmuran anggota secara merata. Aspek ekonomi koperasi meliputi upaya meningkatkan taraf hidup, melindungi golongan ekonomi lemah, demokrasi ekonomi Indonesia, serta memperkuat kedudukaan ekonomi Indonesia.
Pengertian Koperasi


pemutih wajah alami
moreskin kosmetik alami dari NASA

1 comments:

Maulana Fahri mengatakan...

Wah pembahasannya bagus bro,biasanya di pelajar hanya sistem nya,sejarah jarang pada tahu,hehehe. Bagus deh :-)

jual Erhsali Peeling Spray Manfaat
Jual Sabun Erhsali Manfaat
Daftar Reseller gratis tanpa stok barang

Baca Lainnya

Herbal Diabetes
Herbagyn NASA
Herbagyn NASA
.comment-content a {display: none;}