Membuat Toko Online Dengan OsCommerce | Blog Ayah Azzam Blog Ayah Azzam
Home » » Membuat Toko Online Dengan OsCommerce

Membuat Toko Online Dengan OsCommerce

OsCommerce adalah aplikasi shopping chart yang di desain khusus untuk pengguna yang tidak mau direpotkan dengan rumitnya bahasa pemrograman web ataupun desain arsitektur-nya. Aplikasi ini memudahkan dalam membangun sebuah toko online dengan langkah yang cepat, mudah dan user friendly. Oscommerce adalah sebuah solusi aplikasi toko online yang dikembangkan oleh sebuah komunitas open source dibawah lisensi GNU (General Public License) dan digunakan di lebih 54 negara. Oscommerce dikemas dalam satu paket instalasi sehingga pengguna dapat langsung mensetup, menjalankan dan mengelola toko online mereka dengan biaya seminimal mungkin, bahkan tanpa membayar satu sen pun untuk lisensi pembelian aplikasinya.
Fasilitas Oscommerce adalah sebagai berikut Membuat dan menyimpan pelanggan secara otomatis, Merekam semua transaksi yg terjadi, Fasilitas search untuk pencarian produk, Form kontak email dengan pelanggan, Prosedur check out dan transaksi yg aman menggunakan metode SSL connection, Mengelompokkan produk berdasarkan kategori, Menampilkan produk “bestseller”, Menampilkan daftar pelanggan yang membeli produk tertentu, Mendukung berbagai bahasa termasuk Indonesia, Mendukung berbagai mata uang dan dapt melakukan konversi dari satu mata uang ke mata uang lainnya, Desain dan layout dapat di modifikasi sesuai keinginan, Dapat menerima pembayaran online sperti Paypal, Authorize.net, iPayment, 2CO dan lain-lain Rekaman data statisktik produk maupun pelanggan, Pengaturan biaya pajak, pengiriman dan pembayaran, Backup data dan Mailing List atau Newsletter.
Dukungan penuh dari anggota komunitas open source oscomerce dalam konsultasi, kontribusi, update, bugs, report maupun diskusi
Cara Instalasi dan Syarat yang dibutuhkan untuk menginstall OSCommerce adalah :
PHP versi 4.2 atau versi yang lebih tinggi.
MySQL Database versi 3.23 atau versi yang lebih tinggi.
Apache web server versi 1.3 atau versi yang lebih tinggi.
Sebaliknya anda mendownload XAMPP web server di situs XAMPP daripada anda mendownload satu persatu software-software diatas. Lalu syarat terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mendownload software OSCommerce di situs OSCommerce. Pada waktu artikel ini ditulis OSCommerce sudah mencapai versi 2.2rc2a.

Berikut ini tutorial langkah demi langkah menginstall OSCommerce di komputer lokal. Saya menganggap anda sudah menginstall program XAMPP di komputer.
Buat database MySQL untuk menampung data untuk OSCommerce. Pada tutorial ini saya membuat database dengan nama oscommerce.
Buat user account dengan semua hak akses untuk bagian structure dan bagian data untuk database oscommerce yang baru saja dibuat. Pada tutorial ini saya membuat user account dengan nama oscommerce dan password juga oscommerce.
ekstrak file OSCommerce yang telah anda download tersebut ke root dokumen XAMPP. Saya meletakkan file OSCommerce di dalam directory oscommerce-2.2rc2a seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Panggil proses instalasi OSCommerce dengan cara mengetikkan http://localhost/oscommerce-2.2rc2a/catalog/install/ pada web browser. Bagi anda yang menyimpan file OSCommerce di directory lain dapat memanggil proses instalasi dengan cara localhost/nama directory tempat anda menyimpan file OSCommerce/catalog/install. Contoh apabila anda menyimpan file OSCommerce di directory coba, maka anda dapat memanggil proses instalasi OSCommerce dengan cara mengetikkan localhost/coba/catalog/install pada address bar web browser.
Klik tombol continue.
Isikan Database server, Username, password, dan database name. Saya mengisikan database server dengan localhost, username dengan oscommerce, password dengan oscommerce, dan database name dengan oscommerce. Lalu klik tombol continue.
Pada window berikutnya, OSCommerce akan menampilkan informasi mengenai WWW Address, dan Webserver Root Directory seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini. Sebaliknya anda jangan mengubah informasi apapun yang ada. Karena berdasarkan pengalaman apabila kamu mengubah informasi yang terdapat pada WWW Address dan Webserver Root Directory dapat menyebabkan error.
Klik tombol continue. Pada layar berikutnya anda akan diminta untuk mengisikan nama toko, nama pemilik toko, alamat email pemilik toko, user name administrator dan password administrator. Saya mengisikan nama toko dengan coba, nama pemilik toko dengan coba, alamat email pemilik toko dengan coba@yahoo.com, user name administrator dengan coba, dan password administrator dengan coba. Lalu klik tombol continue.
oscommerce
Web browser anda kemudian akan menampilkan pesan yang menampilkan bahwa proses instalasi dan configurasi OSCommerce berjalan dengan sukses. Anda dapat mengklik tombol catalog untuk melihat toko online anda. Jangan lupa untuk menghapus directory install yang terletak pada C:/xampp/htdocs/oscommerce-2.2rc2a/catalog/. Untuk login sebagai admin anda dapat mengetikkan http://localhost/oscommerce-2.2rc2a/catalog/admin pada address bar web browser.


pemutih wajah alami
moreskin kosmetik alami dari NASA

1 comments:

1.000.000 Pengunjung Website Dan Blog mengatakan...

Terima kasih infonya, itu toko online nya apa bisa diakses via internet ?

jual Erhsali Peeling Spray Manfaat
Jual Sabun Erhsali Manfaat
Daftar Reseller gratis tanpa stok barang

Baca Lainnya

Herbal Diabetes
Herbagyn NASA
Herbagyn NASA
.comment-content a {display: none;}