e-KTP Tidak Boleh di Fotocopy Bisa Rusak | Blog Ayah Azzam Blog Ayah Azzam
Home » » e-KTP Tidak Boleh di Fotocopy Bisa Rusak

e-KTP Tidak Boleh di Fotocopy Bisa Rusak

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menegaskan bahwa KTP elektronik atau e-KTP tidak boleh difotokopi. Kenapa ya ? untuk mencegah kerusakan, Sampai-sampai Kementerian Dalam Negeri sampai mengeluarkan edaran akan larangan memfotocopy e-KTP tersebut. Surat Edaran Mendagri Nomor 471.13/1826/SJ yang dikeluarkan pada 11 April 2013 menjelaskan bahwa pemilik e-KTP tidak boleh difotokopi, di-stapler dan melakukan hal yang bisa merusak fisik kartu.
Tidak boleh diklip (stapler) dan diperlakukan salah. Jangan difotokopi karena itu plastik, bisa rusak, kata Mendagri seusai penandatanganan nota kesepahaman dengan Bank Indonesia (BI) terkait penggunaan e-KTP pada hari Senin (6/5/2013). Surat Edaran tersebut ditujukan kepada unit kerja pemerintah dan badan usaha untuk meminimalisir dan mencegah kerusakan data di setiap kartu penduduk. Sebagai pengganti fotokopi, cukup dicatat Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lengkap warga yang bersangkutan.
Apabila masih terdapat unit kerja atau badan usaha yang memberikan pelayanan tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku karena sangat merugikan masyarakat khususnya pemilik e-KTP, demikian bunyi Surat Edaran. Ternyata Chip di dalam kartu e-KTP hanya dapat dibaca dengan menggunakan alat pembaca atau card reader yang wajib disiapkan oleh instansi pemerintah, pemerintah daerah, serta lembaga perbankan dan swasta.
Semua unit kerja dan badan usaha yang memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah memiliki card reader paling lambat akhir tahun 2013 dengan alasan KTP non-elektronik terhitung sejak 1 Januari 2014 tidak berlaku lagi," kata surat tersebut.
e-KTP tidak boleh di fotocopy
Sumber www.jogja.tribunnews.com


pemutih wajah alami
moreskin kosmetik alami dari NASA

0 comments:

jual Erhsali Peeling Spray Manfaat
Jual Sabun Erhsali Manfaat
Daftar Reseller gratis tanpa stok barang

Baca Lainnya

Herbal Diabetes
Herbagyn NASA
Herbagyn NASA
.comment-content a {display: none;}